Minggu, 18 Desember 2011

Gula Sintetik Aspartame, Amankah?

perhatikanlah label komposisi pada produk2 pengganti gula (sintetis) yg biasa disebut ditujukan untuk penderita diabetes. perhatikan juga komposisi produk2 'diet' semacam diet cola dan produk2 yg disebut sugar free. kemungkinan besar yang akan anda lihat adalah:
  • aspartame
apa itu aspartame?
aspartame adalah produk kimia pengganti gula non-karbohidrat yg digunakan dalam ribuan produk 'diet' 'low calorie'.

Ditemukan pada tahun 1965 oleh James Schslatte pada tahun 1965 sebagai hasil percobaan yang gagal. Aspartam merupakan dipeptida yang dibuat dari hasil penggabungan asam aspartat dan fenilalanina. Khusus asam aspartat, ia juga merupakan senyawa yang berfungsi sebagai penghantar atau neurotransmitter yang memacu eksitasi pada ujung sinaps saraf otak.

Dalam keadaan normal, fenilalanina diubah menjadi tirosina dan dibuang dari tubuh. Gangguan dalam proses ini (penyakitnya disebut fenilketonuria atau fenilalaninemia atau fenilpiruvat oligofrenia, disingkat PKU) menyebabkan fenilalanina tertimbun dalam darah dan dapat meracuni otak serta menyebabkan keterbelakangan mental. Penyakit ini diwariskan secara genetik, tubuh tidak mampu menghasilkan enzim pengolah asam amino fenilalanina, sehingga menyebabkan kadar fenilalanina yang tinggi di dalam darah, yang berbahaya bagi tubuh.
Wikipedia
bukankah aspartame sudah mendapat sertifikasi FDA?
FDA adalah badan sertifikasi untuk produk makanan, minuman dan obat2an yang beredar di amerika serikat.
FDA adalah badan yg berpihak pada produsen dan farmasi besar karena dari situlah mereka mendapatkan dana.

contoh kasus stevia selama bertahun2 tidak mendapat sertifikasi FDA walaupun sudah ratusan tahun digunakan di banyak negara dan terbukti aman. tetapi pada saat coca cola ingin menggunakan, tidak membutuhkan waktu lama bagi FDA untuk segera memberi sertifikat aman.

aspartame sebenarnya
  • racun semut terbaik. taburkan aspartame dekat tempat yg banyak semut.
  • kandungan fenilalanina dapat meracuni otak (neurotoxic)
  • menyebabkan obesitas
  • menigkatkan resiko bayi prematur
  • 10% dari aspartame adalah methanol yg akan dikonversi menjadi formalin kemudian dikonversi menjadi formic acid, salah satu racun yg berbahaya
  • thn 1980 FDA melarang aspartame karena hasil riset menunjukkan kemungkinan menyebabkan tumor otak kemudian thn 1981 disetujui setelah menambah personel (untuk suara tambahan) dalam voting
  • merusak ginjal
  • methyl alcohol merusak retina dan syaraf mata
  • memperparah akibat darah tinggi, multiple scelerosis, dsb

refs:

Komentar

blog comments powered by Disqus