Minggu, 26 Februari 2012

Demam itu tanda Sehat

Biasanya orang tua agak panik saat anaknya demam dan baru saja agak panas sedikit (biasa sekitar 38C) orang tua sudah buru-buru memberi obat demam untuk menurunkan panas.

demam itu apa sih?
demam adalah proses alami tubuh menyembuhkan diri sendiri dan melawan penyakit.
demam itu menunjukkan bahwa tubuh kita sedang diserang bakteri atau virus dan tubuh kita sedang aktif melawan bakteri/virus tsb. dan panas tubuh adalah salah satu senjata untuk membunuh penyerang tsb. dengan menaikkan suhu tubuh beberapa hari, sebagian besar penyerang menjadi lemah atau mati.


dengan obat turun panas, otomatis kita mematikan senjata yg seharusnya digunakan untuk melawan bakteri/virus yg menyerang tubuh. sehingga bakteri/virus makin leluasa menyerang tubuh.

yg dibutuhkan tubuh untuk membantu proses penyembuhan adalah air minum yg banyak dan asupan gizi yg memadai serta istirahat. chlorella dan spirulina akan sangat membantu proses penyembuhan.


bahkan sejak jaman dahulu, panas tubuh pun sudah dimanfaatkan dalam proses penyembuhan dengan sengaja meningkatkan suhu tubuh sampai sekitar 39C.
misal hyperthermia dengan berendam dalam air dengan suhu 39C sampai suhu tubuh mengikuti suhu air dalam waktu sekitar setengah jam.
sekitar tahun 1976, hyperthermia lokal cukup sukses dengan menggunakan gelombang ultrasonic digunakan untuk terapi tumor kanker.

kapan demam memerlukan tindakan medis?
demam diatas 38C pada bayi dibawah 3 bulan perlu segera dirujuk ke rumah sakit. sementara menunggu pemeriksaan/hasil medis, pemberian ASI adalah satu-satunya yg perlu dilakukan.
dan untuk bayi dibawah 3 tahun, suhu diatas 39C. dan pada kebanyakan orang, hanya demam tinggi dengan suhu diatas 41C bisa membahayakan dan merusak otak dan jantung. tetapi tubuh yg sehat akan menjaga suhu tubuh dibawah itu (sekitar 40C) sehingga efektif menyembuhkan diri dan sangat aman bagi tubuh

resources:




Komentar

blog comments powered by Disqus